Tokyo Tech Indonesian Commitment Award 2018

Unsplashed background img 1

Sekilas Tentang TICA

Tokyo-Tech Indonesian Commitment Award (TICA) merupakan acara tahunan dari PPI Tokodai yang bertujuan untuk mendukung dan mempromosikan penelitian terutama pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. TICA hadir untuk mengajak mahasiswa sarjana di Indonesia untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam lomba riset demi tercapainya tujuan tersebut.
PPI Tokodai berkomitmen untuk berbagi pengalaman riset dengan mengajak para pemenang lomba paper untuk setiap kategori dengan mengundang mereka ke Jepang. Selain berbagi pengalaman riset, hal ini juga dilakukan demi memotivasi para sarjana-sarjana muda di Indonesia untuk terus berusaha mencari solusi bagi permasalahan di Indonesia dari sudut pandang ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu rangkaian pada acara puncak TICA adalah adanya seminar dari tokoh inspiratif. TICA berharap dengan adanya seminar tersebut, anggota PPI Tokodai, pemenang TICA, dan tidak menutup kemungkinan dari khalayak umum, untuk terus terpacu dalam melakuakn riset dan mengambil peran untuk melakukan perubahan
TICA 2017 mengangkat tema Responsible Innovation for National Self-Reliance. Self-reliance atau bisa diterjemahkan sebagai kemandirian menjadi suatu elemen penting untuk mencapai perkembangan yang berkelanjutan, teurtama pada negara-negara berkembang. Maka dari itu, TICA diadakan untuk berkontribusi menjawab tantangan Indonesia di masa yang akan datang. Terkait dengan tantangan tersebut, beberapa studi menunjukkan hasil bahwa dibutuhkan suatu model pengembangan untuk negara-negara berkembang dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan yang berlebihan kepada negara-negara asing. Melalui terobosan dalam bidang sains dan teknologi, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi dapat meningkat dengan cepat. Kami ingin merangkul semangat pelajar Indonesia untuk mengikuti kompetisi paper ini. Kami berharap dapat menumbuhkan minta pelajar Indonesia dalam bidang sains dan teknologi serta meningkatkan semangat nasionalisme untuk membawa Indonesia menjadi lebih mandiri.
TICA akan hadir kembali di 2018. Apakah tema yang akan diusung pada TICA 2018 ini?Nantikan segera pengemuman selanjutnya.

Nantikan TICA 2018 segera. Persiapkan diri kalian sebaik-baiknya.
Unsplashed background img 3

Organized by